Persaingan Sempurna Dalam Pasar Faktor Produksi Dan Monopoli Dalam Pasar Produk

September 01, 2015
Perusahaan yang merupakan penjual monopolistis (atau pesaing tidak sempurna) dari komoditi X akan tetapi merupakan pembeli yang bersaing sempurna dari faktor produksi A dab B, akan memaksimumkan keuntungan totalnya apabila:


Apabila faktor produksi A merupakan satu-satunya faktor produksi variabel untuk penjual komoditi X yang monipolistis, kurva permintaan perusahaan untuk faktor produksi A tidak ditentukan oleh VMPa melainkan oleh MRPa perusahaan tersebut. Marginal revenue production of faktor A (penerimaan marjinal faktor produksi A) mengukur perubahan TR monopolis dalam menjual output komoditi X yang dihasilkan dari penggunaan satu unit tambahan faktor produksi A (Salvatore, 1993).



Kurva MRP Perusahaan untuk Faktor Produksi A  (Salvatore, 1993)


Gambar diatas menunjukkan bentuk khas dari kurva MRP perusahaan untuk faktor produksi A. Bila faktor produksi A merupakan satu-satunya faktor produksi variabel, dan perusahaan bertindak selaku monopolis (atau pesaing tidak sempurna) dalam pasar produk, maka kurva MRPa adalah kurva permintaan perusahaaan untuk faktor produksi A. jika perusahaaan itu merupakan pembeli yang bersaing sempurna dari faktor produksi A, dia akan membeli dua unit faktor produksi A apabila Pa=$8 (titik A dalam gambar 2.5). Dengan demikian, pada titik A, Pa=$8=MRPa?VMPa. Jika Pa turun menjadi $4, perusahaan akan menaikkan jumlah pemakaian faktor produksi A dari dua menjadi tiga unit (titik B). Jadi, pada titik B, Pa=$4=MRPa?VMPa. Kelebihan VMPa atas MRPa yang bersesuaian bila perusahaan berada dalam ekuilibrium kadang-kadang disebut sebagai eksploitasi monopolistis (Salvatore, 1993).


Sumber:
Diah, (2012). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil (Studi Kasus Di Sentra Industri Kecil Ikan Asin Di Kota Tegal). Skripsi S1, Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tahun 2012.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon