Faktor Demografi Individual

January 15, 2019
1) Usia
Usia dan masa kerja, menurut Mowday,et.,al., (Robert dan Hunt, 1991:147) dan LaMastro (2002:1) menunjukkan hubungan yang positif dengan komitmen. Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lain menjadi semakin terbatas sejalan dengan meningkatnya usia dan masa kerja. Keterbatasan tersebut dapat meningkatkan persepsi yang lebih positif mengenai atasan sehingga meningkatkan komitmen. Sehingga, semakin bertambah usia dan pengalaman kerjanya, komitmen mereka terhadap organisasi akan cenderung meningkat.

Faktor Demografi Individual



2) Jenis kelamin
Menurut Mowday (1982), wanita cenderung memiliki komitmen yang lebih tinggi dibandingkan pria. Wanita pada umumnya harus mengatasi lebih banyak rintangan dalam mencapai posisi mereka dalam organisasi sehingga keanggotaan bagi mereka menjadi lebih penting (Temaluru, 2001:459).

3) Pendidikan
Menurut Cherrington (1994:276), individu yang berpendidikan rendah cenderung memiliki komitmen yang lebih tinggi daripada yang berpendidikan tinggi. Hal ini karena individu berpendidikan tinggi semakin banyak harapannya yang mungkin tidak dapat dipenuhi atau sesuai dengan organisasi tempat bekerja. Sedangkan LaMastro (2002:1) mengemukakan bahwa tingkat pendidikan memiliki hubungan yang negatif dengan komitmen.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon