Fase Pembentukan Komitmen Organisasi O’Reilly

February 15, 2019
O’Reilly menyatakan tiga fase komitmen terhadap organisasi, yaitu :

a. Fase kerelaan dan kepatuhan
Fase ketika individu bersedia menerima pengaruh dari orang lain dan patuh terhadap setiap tugas atau perintah yang diberikan kepadanya, terutama jika hal tersebebut berhubungan dengan perolehan sesuatu dari orang lain seperti pembayaran. Namun fase ini sangat rentan untuk kehilangan komitmen jika individu menghadapi kondisi yang tidak sesuai dengan harapannya.

b. Fase identifikasi
Fase ketika individu menerima pengaruh untuk mempertahankan suatu kepuasan, dan berhubungan dengan identifikasi diri. Dalam fase ini ada rasa kebanggan terhadap suatu organisasi dan berusaha membina serta mempertahankan hubungan baik dengan orang lain. Kebanggan inilah yang mendorong komitmennya pada organisasi.

c. Fase internalisasi
Fase saat individu secara intrinsik merasakan nilai-nilai organisasi sesuai atau sama dengan nilai-nilai pribadi. Pada fase ini individu memiliki tanggung jawab dan perasaan memiliki yang tinggi terhadap organisasinya. Oleh karena itu. individu secara sadar memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan organisasi karena secara langsung atau tidak langsung merupakan pencapaian tujuan pribadi.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon