Beberapa Pengertian Komitmen Organisasi

March 15, 2019
Dalam beberapa literatur yang dijumpai penulis, ada berbagai pengertian tentang komitmen organisasi, antara lain :
Beberapa Pengertian Komitmen Organisasi

Komitmen menurut Newman, Warren dan Schnee (1982:422) memiliki arti suatu perasaan positif dan menerima dengan senang hati atas performance yang diinginkan. Perasaan ini datang dari dalam diri individu sehingga semakin positif perasaannya akan semakin tinggi pula tingkat komitmennya.

Sheldon dalam Steers dan Poeter (1987:442) menyatakan bahwa komitmen organisasi adalah suatu orientasi terhadap organisasi yang menyangkut identifikasi individu dalam organisasi. Komitmen terhadap organisasi merupakan konsekuensi dari hasil interaksi antara karyawan dengan organisasi. Ketika karyawan bersedia untuk berkomitmen maka ia akan bersedia untuk mengikatkan diri dan memberikan sumbangan maksimal demi tercapainya tujuan organisasi jika organisasi tersebut mampu mengorganisir, mengarahkan dan memenuhi harapan mereka.



Robbins (1988:314), komitmen organisasi merupakan orientasi individu pada organisasi yang ditujukan melalui loyalitas, identifikasi dan keterlibatannya dalam organisasi.

Davis dan Newstorm (1993:198) menyatakan sebagai keyakinan dan kepercayaan karyawan pada misi dan tujuan organisasi, keinginan mencurahkan usaha dalam mencapai prestasi dan keinginan yang kuat untuk terus bekerja di organisasi/perusahaan tersebut.

Komitmen organisasi menurut Greenberg dan Baron (1997:190) adalah derajat dimana individu mengidentifikasikan dan terlibat dalam organisasi yang ditujukan oleh individu dengan sikapnya dan keinginan untuk tidak meninggalkan organisasi.

Steers & Porter (1991:290) menjelaskan pengertian komitmen organisasi merupakan identifikasi dan keterlibatan individu yang relatif kuat pada suatu organisasi tertentu. Komitmen ini merupakan suatu proses berkelanjutan dimana individu memikirkan organisasi dan kesuksesan serta kesejahteraan yang akan dicapai.

Luthans (1992:124) mendefinisikan komitmen organisasi sebagai suatu keinginan yang kuat untuk mempertahankan diri sebagai anggota dari organisasi, kemauan untuk mengerahkan tenaganya demi organisasi, dan penerimaan nilai dan tujuan organisasi. Dengan kata lain adalah kesetiaan seseorang tehadap organisasi tersebut.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu perasaan positif yang ada dalam diri individu atas keterlibatannya dalam organisasi, dimana individu berusaha untuk mengidentifikasikan dirinya pada iklim organisasi sehingga muncul keinginan untuk tidak akan meninggalkan organisasi.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon