Karakteristik Keadaan Kerja Cherrington (1994)

October 01, 2019
Karakteristik Keadaan Kerja Cherrington (1994)

1) Sifat kerja
Pekerjaan yang memiliki lingkup kerja lebih luas dan menuntut sumbangan ide-ide cenderung membuka kesempatan kepada individu untuk memikul tanggung jawab yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan individu akan memiliki komitmen organisasi lebih tinggi daripada pekerjaan dengan ruang lingkup sempit dan rutinitas terbatas yang akan memicu munculnya kebosanan.

2) Perilaku supervisor
Supervisor sebagai atasan yang berhubungan langsung dengan karyawan dapat memunculkan komitmen organisasi. Hal ini karena sikap dan tindakan supervisor dapat mempengaruhi sikap dan perilaku karyawan. Dalam suatu studi disebutkan bahwa turn over dapat disebabkan oleh pengawasan yang kurang baik dari supervisor (Gilmer, 1971:281).



c. Faktor psikologi pribadi
1) Kebutuhan
Seseorang dengan tingkat kebutuhan berprestasi yang tinggi, minat hidup yang berorientasi kerja, dan rasa bersaing akan memiliki hubungan yang positif dengan komitmen organisasi.

2) Sistem nilai pribadi
Individu yang memiliki nilai kerja instrinsik yang tinggi cenderung memiliki komitmen organisasi yang tinggi pula. Individu yang demikian akan memiliki pandangan bahwa pekerjaan adalah sesuatu yang berharga dan harus dipertahankan (Cherrington, 1994:276).

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon