Pengertian Investasi Saham

March 30, 2020
Ada beberapa cara bagi investor untuk menyalurkan kelebihan dananya, salah satunya adalah dengan cara investasi saham. Adapun pengertian dari investasi itu sendiri adalah komitmen terhadap pengelolaan keuangan, dengan harapan mendapatkan return dimasa yang akan datang.

Menurut Tandelilin (2001:3) Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada saat ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan dimasa akan datang.
Pengertian Investasi Saham

Menurut Antonio (2001:59) Investasi adalah kegiatan usaha yang mengundang resiko karena berhadapan dengan unsur ketidakpastian.

Sedangkan menurut Kamaruddin (2004:3) Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang (dana) tersebut.

Dan juga menurut Sunariyah (2003: 4), Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Keputusan penanaman modal tersebut dapat dilakukan oleh individu atau sesuatu entitas yang mempunyai kelebihan dana.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa investasi merupakan komitmen untuk menempatkan sejumlah dana dari aset yang dimiliki selama periode tertentu dengan harapan akan memperoleh tambahan nilai investasi di masa mendatang.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon