Pengertian Pemasaran, Manajemen, Konsep dan Riset Pemasaran

March 31, 2020
A. Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan pembeli atau pasar. Tujuan pemasaran adalah untuk mendapatkan laba, untuk berkembang dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Berhasil atau tidaknya dalam mencapai tujuan prusahaan tergantung pada keahlian di bidang pemasaran, yang tentu saja tidak terlepas dari produksi, keuangan serta personalia.

Kegiatan dalam pemasaran secara umum terdiri dari 4 (empat) komponen yaitu produk, harga, promosi dan saluran distribusi yang kesemuanya saling berhubungan. Mengingat betapa pentingnya pemasaran bagi perusahaan , maka para ahli pemasaran berusaha mempelajari dan mengemukakan pendapatnya mengenai pemasaran. Pemasaran menurut Stanton adalah “suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan pembeli yang ada ataupun pembeli potensial. ” (Basu dan Irawan,1990:5)

B. Manajemen Pemasaran
Kegiatan pemasaran perlu dikoordinasikan dan dikelola dengan baik. Pengelolaan pemasaran disebut dengan manajemen pemasaran.

Menurut Kotler manajemen pemasaran adalah ”penganalisaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi” (Basu dan Irawan, 1990:7)

Mengingat bahwa pemasaran merupakan salah satu dari proses, maka dapat dikatakan bahwa manajemen pemasaran pada hakekatnya merupakan manajemen dari proses pemasaran.

C. Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah “falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuas kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan” (Basu dan Irawan, 1990:10)

Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Penggunaan konsep pemasaran bagi sebuah perusahaan dapat menunjang keberhasilan bisnis yang dilakukan.

D. Riset Pemasaran
1. Pengertian Riset Pemasaran
Riset pemasaran adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, dan analisis sebuah data atau fakta yang menyangkut persoalan yang berhubungan dengan penjualan barang dan jasa.

Riset pemasaran (marketing research) mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sistem informasi. Informasi dapat diperoleh melalui riset pemasaran dan penggunaanya sangat luas.

2. Kegunaan Informasi Pemasaran
Pada umumnya manajemen menggunakan informasi riset pemasaran untuk semua jenis kepentngan di bidang pemasaran. Manfaat informasi pemasaran menurut (Basu, 1996:291) adalah sebagai berikut:
a. Pengidentifikasikan sasaran konsumen.
b. Perencanaan biaya.
c. Penentuan harga.
d. Distribusi fisik
e. Saluran distribusi
f. Promosi.

3. Ruang Lingkup Riset Pemasaran.
Riset pemasaran sangat membantu dalam mencapai keberhasilan perusahan. Adapun kegiatan-kegiatan yaang termasuk riset pemasaran menurut (Basu, 1996:294)
a. Riset pemasaran dan penjualan
b. Riset barang
c. Riset ekonomi perusahaan
d. Riset periklanan.
e. Riset lingkungan.

4. Proses Riset Pemasaran
Riset pemasraan memberikan kemungkinan bagi manajer untuk mengambil keputusan lebih tepat. Proses riset pemasaran menurut (Basu, 1996:296) meliputi beberapa tahap yaitu:
a. Merumuskan masalah
b. Menentukan sumber informasi
c. Mempersiapkan formulir pengumpulan data
d. Menentukan sampel
e. Mengumpulkan informasi di lapangan

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon