Pengertian Segmentasi Pasar

March 29, 2020
Segmentasi pasar adalah “kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen “ (Basu dan Irawan, 1990:89)
Pengertian Segmentasi Pasar
Pengertian Segmentasi Pasar

Dasar-dasar yang dapat dipakai dalam segmentasi pasar ini adalah:
1. Segmentasi Geografis; Dilakukan dengan cara kombinasi pasar dalam unit-unit geografis seperti negara, propinsi, kota kabupaten, kecamatan dan lain sebagainya.



2. Segmentasi Demografis; Segmentasi jenis ini memisahkan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan pada variabel demografis seperti umur, jenis kelamin, besarnya siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kebudayaan. Variabel demografis ini merupakan variabel dasar yang sering digunakan pada waktu pengelompokan konsumen. Salah satu alasannya ialah keinginan dan penggunaan konsumsi sering berkaitan dengan faktor demografis.

3. Segmentasi Psychologis; Segmentasi ini membagi konsumen ke dalam kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, dan berbagai ciri kehidupan.

4. Segmentasi Perilaku; Segmentasi ini membegi konsumen menjadi kelompok–kelompok menurut tingkat pengetahuan, sikap penggunaan atau tanggapan terhadap suatu produk.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon