Definisi Strategi Bersaing dalam Pemasaran

April 03, 2020
Definisi Strategi Bersaing menurut Michael E. Porter ( 1992, xvi ) adalah :
“Strategi Bersaing adalah kombinasi antara akhir (tujuan) yang diperjuangkan oleh perusahaan dengan alat (kebijaksanaan) dimana perusahaan berusaha sampai kesana.”

Keadaan pesaing dalam suatu industri tergantung pada lima kekuatan persaingan pokok yang diperlihatkan pada gambar 1. gabungan kelima kekuatan ini merupakan potensi laba akhir dalam industri, dimana potensi laba diukur dalam bentuk laba atas modal yang ditanamkan jangka panjang. Tidak semua industri mempunyai potensi yang sama. Industri-industri berbeda secara fundamental dalam potensi laba akhirnya karena gabungan dari kelima kekuatan yang ada.
Gambar Kekuatan-kekuatan yang Mempengaruhi Persaingan
Definisi Strategi Bersaing dalam Pemasaran


Sumber : Michael E. Porter, Strategi Bersaing, Teknik Menganalisa industri
Dan Pesaing, terjemahan Ir. Agus Maulana, halaman 4.

Tujuan dari strategi untuk suatu unit usaha dalam sebuah industri adalah menemukan posisi dalam industri tersebut diamna perusahaan dapat melindungi diri sendiri dengan sebaik-baiknya terhadap tekanan (gaya) persaingan atau dapat mempengaruhi tekanan tersebut secara positif.

Rivalitas (rivalry) di kalangan yang ada berbentuk perlombaan untuk mendapat posisi dengan menggunakan taktik-taktik seperti persaingan harga, promosi, pemberian hadiah undian, inroduksi produk, dan meningkatkan pelayanan atau jaminan kepada pelanggan. Persaingan terjadi Karena satu atau lebih pesaing merasakan adanya tekanan atau melihat peluang untuk memperbaiki posisi bersaingnya.

"Secara luas kelima kekuatan persaingan menckup sejumlah pendekatan yang mungkin, antara lain :
a. Menempatkan perusahaan dalam posisi sedemikian sehingga kemampuan memberikan pertahanan terbaik untuk menghadapi rangkaian kekuatan persaingan yang ada.
b. Mempengaruhi keseimbangan kekuatan melalui gerakan strategi, dan karenanya memperbaiki posisi relative perusahaan; atau,
c. Mengantisipasi pergeseran pada faktor-faktor yang menjadi penyebab kekuatan persaingan dan menggapainya, sehingga karenanya memanfaatkan perubahan dengan memilih strategi yang cocok dengan keseimbangan persaingan yang baru sebelum lawan menyadarinya.” ( Michael E porter, 1992, 27)

Dalam menanggulangi kelima kekuatan persaingan ada 4 (empat) pendekatan strategis generic yang secara potensial akan berhasil untuk mengungguli perusahaan lain dalam industri

Keempat pendekatan itu adalah :
1. Keunggulan biaya menyeluruh
Strategi keunggulan dalam biaya menyeluruh ditempuh dengan mengndalikan biaya produksi dan operasi, dilaksanakan perusahaan terutama bila persaingan sangat sengit dan bermain dalam perang harga. Strategi ini juga cocok pada perusahaan yang mencoba menjual barang dalam volume besar dengan pemasaran yang bersifat mass.

2. Differensiasi
Perusahaan berusaha menciptakan produk yang berciri khas atau tidak sama dengan para pesaing, tetapi sangat diminati oleh konsumen. Strategi ini memungkinkan perusahaan mengenakan harga tinggi Karena differensiasi biayanya itu sulit dibandingkan dengan barang lain yang ada dipasar.

3. Fokus
Strategi focus bisa dipilih perusahaan untuk menghindari persaingan keras, atau berusaha memusatkan kekuatan untuk memperoleh konsumen banyak, dengan cara mencari segmen pasar tertentu yang relative sempit tetapi potensial dan tidak menjadi perhatian pesaing besar bagi produk atau jasa yang sama.

4. Hibrida
Strategi hibrida adalah kombinasi antara differensiasi dan biaya rendah. Untuk memakai strategi ini, biaya produksi harus rendah dan roduk ini sangat banyak diminati konsumen.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon