Efisiensi Pasar: Bentuk Bentuk, Karakteristik dan Likuiditas Saham

April 26, 2020
1. Bentuk-Bentuk Efisiensi Pasar
Pasar modal yang efisien didefinisikan pasar modal yang harga-harga sekuritasnya mencerminkan semua informasi yang relefan (Husnan, 1998: 269). Pada umumnya situasi pasar modal efisien menunjukkan hubungan antara harga pasar dan bentuk pasar. Pengertian harga pasar dalam hal ini adalah harga saham yang ditentukan dan dibentuk oleh mekanisme pasar modal. Efisiensi pasar modal ditentukan oleh seberapa besar pengaruh informasi yang relefan, yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan investasi (Sunariyah, 2006: 184).
Efisiensi Pasar: Bentuk Bentuk, Karakteristik dan Likuiditas Saham

Bentuk efisiensi pasar dapat ditinjau dari segi ketersediaanya informasi (informationally efficient market) dan kecanggihan pelaku pasar dalam pengambilan keputusan informasi berdasarkan analisis dari informasi yang tersedia (decisionally efficient market)


2. Karakteristik Pasar Efisien
Menurut kualifikasi pasar modal efisien, efisien pasar menunjukkan suatu tingkatan. Menurut Sunariyah ( 2006: 189) tingkatan-tingkatan karakteristik suatu pasar efisien juga akan bervariasi dari suatu pasar modal ke pasar modal yang lain. Berikut ini adalah karakteristik pasar modal efisien secara umum:

  1. Harga saham akan merefleksikan secara cepat dan akurat terhadap semua bentuk informasi baru.
  2. Harga saham bersifat random, jadi harga tidak mengikuti beberapa kecenderungan dan informasi masa lalu dan tidak digunakan untuk menentukan kecenderungan harga.
  3. Saham-saham yang menguntungkan (profitable) tidak mudah untuk diprediksi. Jadi, para analisis dan investor mempunyai kesiapan informasi penting dalam menentukan harga saham.


3. Likuiditas Saham
Likuiditas saham menunjukkan seberapa mudah suatu saham dikonversikan menjadi kas di pasar. Jika terdapat banyak penjual dan pembeli dalam aktivitas perdagangan di dalam pasar, maka dapat dikatakan bahwa saham tersebut memiliki tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Semakin sering diperdagangkan maka semakin likuid saham tersebut. Dengan demikian kita dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli saham tersebut. Likuiditas saham di bursa sangat erat kaitannya dengan volume perdagangan saham.

Beberapa indikator pasar saham yang likuid menurut Darmadji dan Fakhrudin (2001: 17) yaitu :

  1. Transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
  2. Perbedaan harga permintaan dan penawaran sangat tipis.
  3. Transaksi dapat dilakukan dalam jumlah besar tanpa mempengaruhi harga secara mendatar.
  4. Kedalaman dan keluasan pasar serta pergerakan harga merupakan reaksi yang cepat terhadap informasi.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon