Pengertian Studi Peristiwa (Event Study)

April 23, 2020
Dalam melakukan keputusan investasi pada pasar modal, investor dan analis selalu mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di penjuru dunia, yang dalam pandangan mereka mampu membuat kondisi pasar modal menjadi ramai dalam arti naik ataupun bisa mengalami kemerosotan untuk melakukan investasi.

Penelitian dengan menggunakan event study dapat dilakukan untuk menguji efisiensi suatu pasar modal terhadap suatu peristiwa yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi maupun non ekonomi. Teknik event study merupakan suatu teknik yang digunakan untuk melihat reaksi suatu keadaan dari adanya peristiwa atau kejadian tertentu (Fakhruddin, 2001).

Pengertian Studi Peristiwa (Event Study)

Event study adalah suatu pengamatan mengenai pergerakan harga saham di pasar modal untuk mengetahui apakah ada abnormal return yang diperoleh pemegang saham akibat dari suatu peristiwa tertentu. Atau dapat dikatakan untuk melihat seberapa cepat harga sekuritas benar-benar bereaksi terhadap informasi yang diumumkan. (William, 2005)


Event Study bertujuan mengukur hubungan antara suatu peristiwa yang mempengaruhi surat berharga dan pendapatan (return) dari surat berharga tersebut. Event study dapat digunakan untuk menguji kandungan informasi (information content) dari suatu pengumuman dan dapat juga digunakan untuk menguji pasar bentuk setengah kuat. (Kritzman, 1994)

Studi peristiwa (event study) merupakan studi yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event) yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman. Jadi, Event study mempelajari informasi publik yang diinformasikan oleh emiten, pemerintah dan investor dapat memberikan signal atau pertanda kepada pasar tentang kecenderungan atau trend di masa yang akan datang. Event study juga merupakan suatu study tentang pergerakan return saham yang terjadi sekitar peristiwa yang diduga memberikan informasi baru tentang suatu perusahaan. (Harijono, 1997)

Even Study merupakan Studi yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event). suatu pengamatan mengenai pergerakan harga saham di pasar modal untuk mengetahui apakah ada abnormal return yang diperoleh pemegang saham akibat dari suatu peristiwa tertentu. (Fakhruddin, 2001)

Indikasi makin banyaknya penelitian yang berbasis pada event study yang mengambil kaitan antara perubahan harga saham dengan berbagai perisstiwa atau informasi yang tidak terkait langsung dengan aktifitas ekonomi menunjukkan makin terintegrasinya pasar modal bagi kehidupan masyarakat di dunia. (Suryawijaya dan Setiawan, 1998)

Maka dapat disimpulkan oleh peneliti bahwa event study merupakan studi peristiwa (informasi) yang baru terjadi yang dapat mempengaruhi perilaku investor dalam menanamkan modalnya dan juga mempengaruhi tingkat keuntungan suatu saham perusahaan di pasar modal.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon