Strategi dalam Publikasi

August 30, 2020
Strategi Publikasi 
Menurut Lesly (1992:257) publikasi adalah penyebaran pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk kepentingan tertentu dari organisasi dan perorangan tanpa pembayaran pada media. Dalam proses publikasi disini publisitas sebagai suatu kreatifitas yang menghasilkan karya yang begitu kreatif dan menyenangkan, namun tak memberikan apa-apa bagi apa yang dipublikasikan. Artinya kreatifitas disini adalah kreatifitas untuk mewujudkan dan mencapai tujuan organisasi.


Strategi dalam Publikasi
Strategi dalam Publikasi


Strategi dalam Publikasi
Butterick (2012) mengungkapkan bahwa sebuah strategi publikasi adalah pendekatan menyeluruh bagi sebuah kampanye atau program, dan penjelasan rasional di belakang program taktis, serta akan didikte dan ditentukan oleh persoalan yang muncul dari analisis dan penelitian”.   Dibutuhkan strategi komunikasi yang lebih luas untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan, di mana nantinya akan dilaksanakan melalui kegiatan yang lebih spesifik yaitu taktik. Adapun identifikasi strategi komunikasi publikasi dikemukakan oleh Butterick (2012:154) adalah sebagai berikut:

1. Media kunci; Merupakan sifat atau kategori media yang dipilih.Komunikator perlu memilih media yang akan disampaikan kepada komunikan.

2. Pesan kunci; Merupakan upaya dari komunikator untuk memastikan dalam penyampaian pesan utama (kunci) melalui media dapat bekerja dengan baik dengan tujuan sasaran komunikasi bekerja dengan efektif.

3. Sumber daya; Merupakan sumber daya yang tersedia dalam proses komunikasi seperti  anggaran dan staff tersedia.

4. Metode komunikasi yang diperlukan; Merupakan metode atau cara yang digunakan untuk memaksimalkan pesan yang disampaikan termasuk di dalamnya penempatan fitur pada pesan, foto-foto, draft siaran berita, instruksi jurnalis,dan lain sebagainya

5. Skala waktu dan tenggat waktu; Merupakan jangka waktu tertentu dalam penyampaian pesan, pesan kunci yang memiliki waktu lama perlu diperbaharui, serta proses penyampaian pesan oleh komunikator tidak terlalu lama.

6. Evaluasi untuk mengukur kesuksesan; Merupakan tahap penyeleksian penyelenggaraan publikasi yaitu mengukur hasil kerja apakah berjalan dengan baik atau tidak, serta mengukur kesuksesan penyampaian pesan oleh komunikator.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon