Teori Komunikasi Harold Laswell

August 30, 2020
Dalam teori Laswell menggunakan lima pertanyaan yang perlu ditanyakan dan dijawab dalam melihat proses komunikasi yaitu, who (siapa), says what (apa yang dikatakan), in which channel (saluran komunikasi), to whom (kepada siapa), with what effect (unsur pengaruh), adapun uraiannya sebagaiberikut :


Teori Komunikasi Harold Laswell
Teori Komunikasi Harold Laswell


1. Siapa (Who), Maksud dari model Lasswell ini akan kelihatan bahwa yang dimaksud dengan pertanyaan who tersebut adalah menunjuk kepada siapa yakni orang yang mengambil inisiatif untuk memulai komunikasi.




2. Berkata Apa (Says What), Pertanyaan kedua dari model Lasswell adalah says what atau apa yang dikatakan, pertanyaan ini berhubungan dengan isi komunikasi atau pesan yang disampaikan dalam komunikasi tersebut.

3. Melalui Saluran Apa (In Which Channel), Pertanyaan ketiga adalah in which channel atau melalui media apa, yang dimaksudkan dengan media adalah alat komunikasi seperti berbicara, gerakan badan, sentuhan, kontak mata, radio, televisi, surat, buku, gambar, yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah tidak semua media cocok untuk maksud tertentu.

4. Kepada Siapa (To Whom), Pertanyaan keempat adalah to whom, pertanyaan ini maksudnya menanyakan siapa yang menjadi audience atau penerima dari komunikasi.

5. Dengan Efek Apa (With What Effect), Pertanyaan mengenai efek komunikasi ini dapat menanyakan dua hal yaitu apa yang ingin dicapai dan apa yang dilakukan orang sebagai hasil dari komunikasi.


Sumber: 
eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 8,  Nomor 2, 2020: 145-159

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon