Pengertian Penjualan dan Volume Penjualan

September 11, 2020
Pengertian Penjualan dan Volume Penjualan

A. Pengertian Penjualan
Pengertian penjualan menurut Sutanto (1999:9) adalah “usaha yang dilakukan oleh manusia untuk menyampaikan barang kebutuhan yang dihasilkannya kepada mereka yang membutuhkan dengan imbalan uang menurut harga yang telah disepakati”

Dan Menurut Phlip Kotler yang dialih bahasakan oleh Benyamin molan (2005:21) penjualan adalah “ menjual lebih banyak barang kepada lebih banyak orang untuk membeli suatu barang yang ditawarkan perusahaan yang bertujuan untuk memperoleh laba”.


Sedangkan pengertian penjualan menurut Lim Tanujaya (2004:9) adalah suatu konsep yang berupaya menyakinkan konsumen untuk membeli suatu produk “

Berdasarkan kedua pengertian penjualan di atas dapat diartikan bahwa penjualan adalah usaha kegiatan menyampaikan barang kebutuhan yang dihasilkan produsen kekonsumen dengan harga yang telah disepakati yang bertujuan mengarahkan pembeli untuk membeli produk.


B. Pengertian Volume Penjualan
Pengertian volume penjualan menurut Wiens Anorga (1993 :213) menyatakan bahwa “Volume Penjualan jumlah yang dipandang dari hubungan biaya dalam perusahaan dapat memperkirakan target unit penjualan untuk memperoleh laba yang ditentukan”.

Sedangkan pengertian penjualan menurut Basu Swastha (1998;197) yaitu “suatu studi mendalam dalam penjualan bersih dari laporan rugi laba perusahaan (laporan operasional”.

Dan pengertian penjualan menurut Winardi (1995;500) adalah “jumlah benda – benda yang terjual selama jangka waktu tertentu”

Dari beberapa pengertian volume penjualan di atas dapat diartikan bahwa volume penjualan adalah jumlah pendapatan yang diperoleh dari barang yang terjual yang didapat dari penjualan bersih yang didapat dari laporan rugi laba perusahaan.


C. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan
Pada umumnya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penjualan, menurut Sutanto (1999:21) yaitu sebagai berikut :

1. Produsen
Pihak produsen mempengaruhi penjualan yaitu dalam hal menghasilkan barang dan menentukan harga diantaranya biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan harga.

2. Konsumen
Pihak konsumen dapat mempengeruhi penjualan yaitu karena hal-hal sebagai berikut :
- Daya Beli
Daya beli mempengaruhi penjualan yaitu karena apabila daya beli konsumen meningkat maka penjualan juga akan meningkat. Akan tetapi kenaikan daya beli akan menyebabkan perusahaan akan menaikan harga barang-barang produksinya karena tenaga kerja perusahaan meminta kenaikan upah. Sedangkan apabila daya beli konsumen menurun, maka penjualan akan mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan harga tidak sebanding dengan biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan.

- Selera Konsumen
Perubahan selera konsumen dapat mempengaruhi penjualan karena apabila selera konsumen berubah kemungkinan konsumen tersebut akan pindah kepada produk lain akibatnya penjualan menurun.

3. Fakfor-faktor diluar Produsen dan Konsumen
Faktor-faktor diluar produsen dan konsumen yang mempengaruhi penjualan adalah :

  • Adanya peraturan pemerintah yang menyangkut perdagangan, perpajakan, kebijakan moneter dan sebagainya
  • Peranan pedagang besar, misalnya menimbun barang dalam waktu tertentu sehingga mempengaruhi penjualan
  • Kondisi politik yang tidak stabil, misalnya peperangan, bencana alam, dan huru-hara



D. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan
Menurut Djaslim Saladin (2003:3) Promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan, pada dasarnya diharapkan dapat membuat penjualan menjadi meningkat. Jumlah dana yang tersedia merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu promosi. Perusahaan yang memiliki dana lebih besar, kegiatan promosinya akan lebih efektif dibandingkan dengan perusahaan yang hanya mempunyai sumber dana yang lebih terbatas.

Sedangkan volume penjualan menurut Winardi (1995;500) adalah jumlah benda - benda yang dihasilkan dari hubungan antara biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan target penjualan untuk mencapai tujuan perusahaan, yang terdiri atas produsen, konsumen dan keadaan lain diluar produsen dan konsumen. Dari pihak produsen bisa mempengaruhi penjualan meliputi harga , biaya tenaga kerja, dan biaya lainnya. Sedangkan dari konsumen faktor yang mempengaruhi penjualan daya beli dan selera pasar. Sedangkan faktor diluar konsumen dan produsen yang mempengaruhi penjualan adalah adanya peraturan pemerintah yang menyangkut perdagangan dan kebijakan moneter

Jadi dapat disimpulkan bahwa besar kecilnya biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan akan berdampak terhadap volume penjualan. Atau apabila biaya promosi yang dikeluarkan besar maka akan berdampak terhadap meningkatnya volume penjualan



Sumber:
Anorga, Wiens. 1994. Kamus Istilah Ekonomi. Bandung : M2S, Edisi II
Basu Swastha DH. 1998. Asas-asas Marketing. Edisi 3. Yogyakarta. Liberty.
Lim Tanujaya, 2004, Promosi dan Penjualan, Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, Philip, Alih Bahasa Benyamin Molan, 2005, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas,Jilid 1, Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip dan A.B. Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi. Pertama, Jakarta: Salemba Empat, 1999.
Radiosunu, 1987, Manajemen Pemasaran, Jilid I, BPFE UGM, Yogyakarta.
Saladin, Djaslim, 2003, “Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran”, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya
Winardi, 1995. Sistem Informasi Manajemen. NOVA, Bandung.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon