Cara Memilih Bauran Promosi

October 25, 2020
Cara Memilih Bauran Promosi
Agar program promosi perusahaan berhasil maka perusahaan harus menetapkan tujuan promosi secara jelas, karena penetapan bauran promosi yang tepat tergantung pada tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan beberapa metode bauran promosi atau bisa disebut juga bauran komunikasi, hal ini seperti yang dikemukakan oleh kotler yang dikutip oleh Ancella Anita wati Hermawan (1995 : 704) bahwa :

“Bauran komunikasi pemasaran terdiri dari lima kiat utama yaitu periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, serta penjualan personal”.


Pendapat lain menurut Stanton yang dikutif oleh Y. Lamanto (1991:136) berpendapat bahwa :
“Bauran promosi adalah kombinasi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan lain cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran”.

Dari kedua pendapat tersebut diatas dapat disimpulkan, yaitu bauran promosi merupakan kombinasi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan publisitas yang akan diuraikan lagi satu persatu sebagai berikut :

1. Periklanan (Advertising)
Periklanan adalah suatu bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Periklanan dapat menggunakan media seperti majalah, surat kabar, radio, televisi, papan reklame serta sarana lain yang berfungsi untuk meperkenalkam produk.

2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
Penjualan tatap muka atau personal selling adalah komunikasi yang bersifat pribadi dan dua arah yang dilakukan oleh tenaga penjual dengan menyampaikan pesan secara langsung kepada calon para pembeli sehingga terjadi penjualan. Personal selling melibatkan pembicaraan langsung antara penjual dan pelanggan.

3. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi Penjualan adalah dirancang untuk mendorong pembeli suatu produk dan jasa tertentu secara lebih cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang. Sales promotion juga sering dilakukan untuk menarik minat konsumen, terutama untuk produk baru atau produk yang masih dalam tahap perkenalan. Promosi penjualan meliputi kegiatan pembuatan pameran di toko, mengadakan pameran dagang atau bazar, membagikan contoh, premi atau kupon”.

4. Publisitas (Publicity)
Publisitas adalah suatau unsur promosi yang dilakukan dengan cara memberikan kegiatan suatu perusahaaan yang sedang menawarkan produknya dengan memberitakan kepada media massa. Pada umumnya publisitas ini berbentuk pujian terhadap suatu produk, jasa atau organisasi.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon